Developer aplikasi android

Macam-Macam Software Akuntansi yang Dipakai Perusahaan

Saat ini, perkembangan teknologi dunia semakin canggih. Ada banyak hal baru yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari adanya PC (personal computer), smartphone dan barang lain yang bisa dimiliki secara pribadi, serta masih banyak layanan lainnya. Untuk Anda yang bekerja di sebuah perusahaan dan berada di divisi akuntansi, pastinya tidak asing dengan software akuntasi. Dimana software-software ini difungsikan untuk membantu pekerjaan divisi akuntasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat terselesaikan tentunya. Mulai dari software yang mudah dioperasikan sampai yang mempunyai fungsi perhitungan kompleks tersedia.

Baca juga : konveksi kaos di surabaya

10 Software Akuntansi untuk Membantu Perhitungan Keuangan Perusahaan

Berikut ini ada beberapa software perhitungan keuangan yang berguna untuk perusahaan. Simak juga penjelasannya dibawah ini.

  1. MYOB (Mind Your Own Business)

Merupakan software pengolah data akuntansi yang bisa dikatakan cukup populer dipakai di perusahaan Indonesia. Dari segi tampilan, software ini mengusung konsep sederhana. Selain itu software ini pun mudah digunakan sehingga membuat disukai oleh banyak pengguna. Menggunakan MYOB membuat Anda bisa melakukan pembukuan untuk data keuangan pribadi atau perusahaan dengan otomatis, lengkap, akurat dan jauh lebih cepat. Dibandingkan harus membuat pembukuan secara manual. Apabila Anda memiliki perusahaan skala menengah ke bawah atau UMKM. Maka bisa menggunakan software ini untuk melakukan perhitungan keuangan sekaligus membuat laporan keuangan perusahaan. Sayangnya, software ini tidak memungkinkan modifikasi laporan atau field. Jadi cukup sulit apabila ingin melakukan customization.

  1. MOAE (Microsoft Office Accounting Express)

Sebenarnya MOAE ini program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), jadi bisa didapatkan secara gratis. Meskipun gratisan, software satu ini pun cukup bisa diandalkan. Dari segi tampilan antar muka cukup sederhana dan detail, sehingga mudah untuk dipakai. Untuk membuat laporan keuangan bisa langsung input data transaksi dari nota, faktur dan lainnya tanpa perlu membuat jurnal terlebih dahulu. Sangat mudah dioperasikan bukan? Bahkan untuk orang yang tidak mengerti akuntasi, software ini bisa membantu membuatkan laporan keuangan dengan baik. MOAE tidak hanya bisa membuat laporan keuangan, tetapi juga otomatis menampilkan laporan lain yang dibutuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

  1. Krishand

Jika membutuhkan software untuk membantu pelaporan pajak, maka Krishand solusinya. Software ini memang khusus untuk pelaporan pajak yang menyediakan formulir pajak sesuai peraturan pajak terbaru di Indonesia. Dengan begitu perusahaan tidak harus repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand bisa menghemat waktu dengan membantu laporan pajak secara akurat, efektif, dan efisien. Kelebihan yang ditawarkan oleh software ini adalah kemampuan menampilkan semua berkas, dari lama sampai terbaru. Dengan begitu bisa melakukan review lebih mudah. Selain itu Krishand juga bisa membuat laporan lain, jadi tidak perlu menggunakan dua software untuk membuat laporan keuangan perusahaan.

  1. Zahir Accounting

Tampilan UI dari Zahir Accounting ini user friendly dengan fitur lengkap, bahkan cenderung lebih lengkap dibandingkan dengan software lain. Kelebihan dari software ini adalah pada faktur dan laporan yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu dari segi fasilitas dan kapasitas program Zahir bisa disesuaikan. Jadi sebelum membeli software ini bisa memilih paket standar dengan fasilitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Meskipun berbayar, namun harganya tergolong murah dan lebih ramping karena tidak dibebani fitur tidak berguna. Juga masih ada kelebihan lain dari software Zahir ini, yakni dari segi analisa laporan keuangan. Zahir mampu memberikan berbagai analisa, sehingga bisa membantu mengambil keputusan dalam bisnis.

  1. Omega Accounting

Adalah pilihan baik apabila Anda seorang pemilik bisnis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan. Software ini terdiri dari sistem penjualan dan pembelian, yang tentunya secara otomatis membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan ini bisa diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan. Dari segi input data, Omega Accounting menyediakan formulir untuk beberapa transaksi. Misalnya stok opname, penjualan, pembelian serta transaksi lain yang sering digunakan. Kelebihan lain dari Omega Accounting adalah dukungan pada pemakaian beberapa mata uang dan warehouse.

  1. Accurate Accounting

Apabila sedang mencari software akuntansi dalam Bahasa Indonesia, maka bisa menggunakan Accurate Accounting. Dari segi tampilan, software ini mirip dengan MYOB yang mana cukup user friendly. Kelebihan yang ditawarkan oleh Accurate Accounting adalah form dan laporan bisa dimodifikasi sesuai keperluan pemakai. Kemudian fitur pajak pun support dengan kebijakan di Indonesia. Ditambah lagi dukungannya pun multi: currency, user, departemen, gudang, dan proyek. Jika Anda merasa bosan dengan tampilan Accurate, maka bisa mengganti skin sesuai selera. Terdapat beberapa pilihan skin yang sudah disediakan. Sayangnya pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka data base di hard drive lokal computer dan tidak bisa melakukan migrasi.

  1. Quick Book

Merasa fitur software akuntansi lain kurang lengkap, maka Anda bisa menggunakan Quick Book. Meskipun Quick Book kurang populer, namun software ini menawarkan fungsi dan fitur sangat lengkap. Terdapat lima versi yang bisa dipakai. Diantaranya Manufacturing & Whole Sale Edition, Retail Edition, Accountant Edition, dan Contractor Edition. Quick Book menawarkan banyak kelebihan. Misalnya dukungan pada multi user, currency atau departemen. Laporannya pun dilengkapi grafik dan analisa yang sangat membantu untuk mengerti keadaan keuangan perusahaan. Tampilannya menarik dengan dukungan tutorial dalam bentuk pdf dan video. Jadi software ini menjadi mudah untuk dipahami dan digunakan. Hanya saja tutorial tidak tersedia ke dalam bahasa Indonesia.

  1. iTBrain Indonesia

Program akuntansi ini dibuat oleh programmer Indonesia, artinya buatan dalam negeri. Meskipun bukan hasil produksi vendor skala Internasional seperti MYOB atau software akuntasi lainnya. Dari segi fitur atau fasilitas penyusunan laporan keuangan dan kemudahan dalam pemakaian, membuat iTBrain Indonesia bersaing dengan software akuntansi yang lainnya. iTBrain Indonesia ini bisa membantu mengelola data keuangan dengan akurat. Data laporan dari software ini pun lengkap dan juga siap cetak. Selain itu juga tersedia versi demo, jadi bisa melihat-lihat dulu sebelum membelinya. Yang terpenting adalah mendukung dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

  1. Easy Accounting System (EAS)

Selain iTBrain Indonesia, masih ada satu produk lagi software akuntansi buatan Indonesia. EAS atau Easy Accounting System dibuat oleh PT Globel Informasi Fortuna Teknotama, sebuah software akuntansi keuangan dan point of sale (POS). Sekaligus software semi-ERP system. Fitur utama yang ditawarkan oleh EAS adalah Import Transaksi (Jurnal voucher, Invoice, COA, dan daftar barang), serta e-faktur. Software ini cocok untuk yang sedang menjalankan bisnis seperti jasa, retail, distributor, ekspor impor, konstruksi, developer, rumah sakit, manufaktur, atau pendidikan.

  1. Abipro Accounting Software

Software ini menyediakan modul sangat lengkap. Diantaranya adalah pembelian, penjualan, manajemen cek, konsolidasi, mata uang tiap negara, multi-project, multi-departement, inventaris, buku besar, kas/bank, aset tetap, dan modul harga multi level.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *